Panduan White Hat SEO 2019


Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah strategi, taktik dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web dengan meningkatkan peringkat (peringkat) hasil pencarian di berbagai mesin pencari, termasuk Google dan Bing.

Secara umum, ada 2 jenis strategi SEO yang banyak digunakan. Dua strategi tersebut adalah Black Hat SEO dan White Hat SEO.

Apa itu Black and White Hat SEO?

Black Hat adalah strategi SEO yang berfokus pada mesin pencari dan umumnya tidak mengikuti aturan mesin pencari. Black Hat juga tidak benar-benar mengabaikan faktor kehadiran manusia. Beberapa strategi Black Hat, termasuk padding kata kunci, teks tak terlihat, memasukkan kata kunci yang tidak relevan dan mengubah halaman web setelah mendapatkan peringkat mesin pencari.

White Hat adalah strategi SEO yang berfokus pada kehadiran manusia. White Hat adalah strategi SEO yang mematuhi aturan mesin pencari. Beberapa strategi White Hat, yang meliputi penggunaan analisis kata kunci, pembuatan tautan, penulisan dan pembuatan konten untuk pembaca manusia (bukan bot). Tujuan utama White Hat adalah membuat peringkat situs web di mesin pencari utama dengan memprioritaskan pembuatan konten yang relevan.

Topi SEO hitam atau putih, yang mana?

Baik Topi Hitam maupun Putih mengklaim bahwa situs web muncul di bagian atas atau atas hasil mesin pencari. Namun, keduanya memiliki teknik atau strategi yang berbeda. Yang mana yang tepat untuk Anda?

  • Black Hat SEO banyak digunakan oleh mereka yang membutuhkan pengembalian finansial dengan cepat. Risiko terbesar Black Hat, tentu saja, dilarang (diblokir) dari mesin pencari. Salah satu alasan utama mengapa Black Hat masih digunakan meskipun berisiko adalah potensi untuk menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

  • White Hat SEO banyak digunakan oleh mereka yang menginginkan investasi jangka panjang ketika menampilkan konten yang relevan. White Hat tidak menjalankan risiko dicekal karena dapat dikatakan bahwa teknik yang digunakan adalah teknik yang diterima dan dijawab oleh mesin pencari.

Jika Anda ingin membuat situs web yang menawarkan konten yang berkualitas dan informatif, White Hat adalah pilihan terbaik. Selain dibuat untuk meningkatkan peringkat sesuai dengan kualitas konten dengan audiens target, White Hat tidak memiliki risiko. Dapat dikatakan bahwa White Hat adalah cara yang baik, etis dan tepat untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian di mesin pencari. Inilah yang diterapkan oleh perusahaan kami sebagai konsultan SEO di Indonesia.

Keuntungan dan teknik White Hat SEO

White Hat memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya sangat cocok jika Anda ingin membuat situs web yang menawarkan konten kreatif berkualitas. Berikut 4 keunggulan teknik topi putih.

1. Biayanya tidak semahal itu. Apalagi jika Anda menggunakan teknik White Hat untuk jangka waktu yang lama.

2. Sesuai dan etis. White Hat adalah teknik yang tidak melanggar aturan mesin pencari. Kesesuaian dan nilai-nilai etika seperti itu akan sangat berpengaruh dalam hal kredibilitas dan situs mereka.

3. Topi putih adalah teknik yang aman dan tidak berisiko. Anda tidak perlu memikirkan penalti yang bisa Anda dapatkan, karena Anda tidak akan mengalaminya.

4. Investasi jangka panjang yang akan Anda dapatkan dapat dilihat dari konsistensi situs web Anda di peringkat teratas. Teknik topi putih memberikan peluang besar bagi Anda untuk tetap di atas untuk waktu yang lama.

Selain empat keunggulan ini, teknik White Hat menekankan pada peningkatan kualitas situs web secara umum. Tidak ada yang salah, bahkan sangat disarankan untuk membuat situs web dengan konten berkualitas. Untuk mencapai tujuan utama ini, berikut adalah beberapa teknik White Hat yang sering digunakan.

1. Buat konten berkualitas untuk jangka waktu yang lama.

2. Gunakan analisis kata kunci dan gunakan kata kunci yang tepat.

3. Jadikan situs web Anda mudah diatur, nyaman dikunjungi, dan mudah dijelajahi.

4. Buat jaringan backlink yang aman, relevan, dan berkualitas.

Strategi White Hat SEO untuk meningkatkan peringkat mesin pencari

White Hat optimisasi adalah kegiatan yang tidak hanya akan berdampak pada peningkatan peringkat situs web, tetapi juga akan meningkatkan kualitas situs web secara keseluruhan. Optimalisasi bukanlah hal yang sulit dan Anda dapat menikmati setiap proses dari proses optimasi. Jangan khawatir, Anda tidak akan menemukan strategi yang kompleks dan kompleks.


Brian Dean dalam artikelnya "White Hat SEO: The Definitive Guide", yang diterbitkan di situs backlink, menjelaskan langkah-langkah apa yang harus dilakukan White Hat untuk mendapatkan peringkat mesin pencari terbaik. Berikut adalah 2 strategi, teknik, dan optimisasi White Hat yang berfokus pada peningkatan kualitas konten.

Lakukan riset kata kunci

Kata kunci adalah salah satu elemen terpenting dalam optimasi White Hat. Mencari dan memilih kata kunci yang tepat adalah fokus utama dari penelitian kata kunci yang akan dilakukan. Berikut adalah 4 strategi yang dapat Anda terapkan untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Gunakan kata kunci Long Tail Google yang direkomendasikan.

Untuk mendapatkan kata kunci ekor panjang ini, cobalah menulis tentang kata kunci yang akan Anda terapkan. Misalnya, kata kunci spesifik adalah "tingkatkan." Ketik Google dan saran Google akan muncul pada kata kunci ini. Pilihan rekomendasi (ekor panjang), misalnya, "meningkatkan memori". Kata kunci ekor panjang adalah kata kunci yang direkomendasikan oleh Google dengan tingkat kemahiran yang tidak terlalu kompetitif.

Copy Keyword Kompetitor
Menyalin kata kunci adalah cara mudah untuk mendapatkan kata kunci yang tepat. Caranya adalah dengan menemukan situs web dengan peringkat SEO tinggi yang mencantumkan kata kunci target yang sama yang Anda cari. Anda dapat menggunakan alat penelitian kata kunci, termasuk Ahrefs dan SEMrush.

Gunakan komunitas online

Kunjungi salah satu komunitas daring yang Anda targetkan dan komentari kata-kata yang sering diulang. Anda dapat menggunakan salah satu alat gratis yang disebut Tanggapi kepada publik. Alat ini akan menganalisis pertanyaan publik yang terkait dengan topik Anda.


Akses laporan kinerja di Google Search Console. Alih-alih mengurutkan kata kunci berdasarkan klik, urutkan kata-kata sesuai dengan tayangan. Pilih kata kunci yang menurut Anda dapat menghasilkan konten berkualitas.

Buat konten yang berkualitas

Membuat dan menerbitkan konten berkualitas adalah fokus utama strategi SEO White Hat. Untuk membuat konten yang berkualitas, Anda tidak perlu berpikir terlalu banyak. Ada 3 hal yang harus Anda capai untuk membuat konten yang berkualitas.

Buat konten yang panjang dan terperinci

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa membuat konten yang terlalu umum tidak lagi efektif dalam meningkatkan peringkat situs web Anda. Beberapa konten umum, misalnya, "5 tips untuk meningkatkan pendapatan ..." dan "10 cara untuk mengurangi ...". Menurut studi faktor peringkat mesin pencari, ada hubungan yang kuat antara konten yang mendalam dan peringkat mesin pencari.

Untuk membuat konten yang panjang dan terperinci, Anda disarankan untuk membuat konten yang berisi berbagai konten yang dapat membahas berbagai hal tentang suatu topik. Buat konten dengan lebih dari 4000 kata yang memaparkan informasi yang mencakup semua topik yang akan dibahas. Hindari membuat topik umum yang mencantumkan daftar umum atau daftar pada suatu topik.

Memuaskan pengunjung

Berikan apa yang didapat pengunjung situs web Anda dengan membaca atau melihat konten yang Anda terbitkan, yang akan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Untuk mengukur apakah konten yang Anda terbitkan memberikan kepuasan kepada pengunjung, Anda dapat menggunakan Google RankBrain. Google RankBrain adalah program yang menganalisis kepuasan pengguna dan pengunjung situs web Anda.

Apa itu Google RankBrain?

Google RankBrain menggunakan kecerdasan buatan (A.I) untuk memfilter hasil. Bagaimana membuat pengunjung ini puas? Caranya sederhana, buat artikel SEO yang sangat relevan dengan kata kunci target yang Anda pilih. Memenuhi harapan publik yang umum dalam menciptakan konten yang tidak begitu lama akan membuat pembaca Anda merasa puas dan bahagia.

Berikan pengalaman dan kesan yang baik

Semakin lama orang tinggal di konten yang Anda kirim, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Google memiliki perhitungannya sendiri mengenai durasi kredit. Salah satu tujuan utamanya adalah menjaga pengunjung cukup lama di salah satu halaman situs webnya. Waktu jangka panjang adalah indikator bahwa pengunjung mendapatkan sesuatu.

Ketika pengunjung tiba dan mencoba memahami konten yang Anda terbitkan, perhatian mereka akan difokuskan pada paragraf pembuka, ukuran tulisan dan poin yang Anda peroleh atau jumlah subtitle yang dibuat. Untuk memberikan pengalaman pencarian yang baik bagi pengunjung, Anda dapat membuat konten yang mudah dibaca, mudah dimengerti dan bukan Wordy (to the point).

SEO On-Page, Link Building, dan SEO teknis.

Selain 2 strategi White Hat SEO yang fokus pada pembuatan dan penerbitan konten berkualitas. Ada 3 strategi lain yang berfokus pada pembuatan tautan jaringan (link building), mengoptimalkan tag meta (SEO di halaman) dan meningkatkan kualitas teknis SEO (SEO teknis). SEO On-Page dan dioptimalkan melalui beberapa modifikasi pada URL dan tag.

Strategi Link Building digunakan untuk membuat jaringan tautan yang akan terhubung ke situs web atau konten yang Anda buat. Tautan yang digunakan dapat berupa tautan internal atau eksternal. Strategi terakhir adalah teknik SEO. SEO berurusan dengan beberapa hal yang berkaitan dengan faktor teknis. Beberapa hal teknis yang dapat Anda lakukan adalah menambah waktu pemuatan halaman dan memperbaiki kesalahan.

Pada prinsipnya, pengunjung akan nyaman membaca atau menjelajahi konten yang mereka terbitkan jika mereka menggunakan desain dan antarmuka yang ramah. Desain dan antarmuka juga harus ramah pengguna untuk versi seluler. Selain desain dan kemudahan penggunaan, Anda juga harus memastikan bahwa situs web Anda terorganisasi dengan baik, dapat diakses dengan cepat dan tidak menyebabkan banyak kesalahan.KabarNewsToday
1 Komentar untuk "Panduan White Hat SEO 2019"

Back To Top